selamat datang dan selamat membaca semoga bermanfaat untuk anda..!
News

WILAYAH MEEPAGO : Nasehat Orang Tua Untuk Anak



Ilustrasi, Nasehat orang untuk anak/KM


Oleh Silvester W Kadepa

“Orang yang menuruti nasehat dan melaksanakannya adalah orang yang mencalonkan diri menjadi  orang kudus.” Umagi. 

Opini, (KM)--Semua nasehat dari manusia adalah sama menuju kebaikan dan kesempurnaan diri. Dalam opini ini beberapa hal di petik dari gaya dan motto hidup wilayah Mepagoo, khususnya suku Mee yang hidup dan tinggal di pegunungan kabupaten Paniai.

Nasihat orang tua dapat memberikan  dampak yang bermanfaat dalam kehidupan dan sekarang  terutama, jika kita sudah  memiliki keluarga. Dari nasehat orang tua, bagaimana cara hidup berkeluarga, hidup mandiri, hidup merantau dan hidup tanpa orang tua. Bagi yang mengikuti dan mentaati atas nasehat orang dapat berjalan  aman.

Harapan orang tua kepada anaknya bahwa memberikan nasehat kepada anak adalah cara terbaik untuk memperbaiki dari kelemahan hidup, dan mudah menyesuaikan dalam permalasahan hidup, agar nantinya menjadi anak yang berbakti dan mampu menghadapi semua dalam proses kehidupan.

Orang tua ingin anak menjadi seorang yang pintar dan mampu bergaul dengan sesama, tetapi kadang kala anak sendiri tidak memahani akan hal itu, sehingga sering marah dan malas mendengarkan. Anak seperti ini orang tua berpikir hidup tidak akan sukses.

Penulis dari Papua khususnya di wilayah Mepadoo, sering orang tua menasehatkan  kepada anaknya dengan berbagai nesehat. Di kota dan Negara lain juga demikian. Orang tua selalu menaseatkan kepada anak bahwa

1.    Sembunyikan alat kelamin (maaf) maka hidup anda menjadi kudus (koti tugi bonai)
2.    Jangan mengambil milik orang lain (Omaa Teyamotii)
3.    Jangan membunuh (Mee Tewagii)
4.    Jangan menyakiti hati orang lain ( Mee beetegaii)
5.    Jadikan pikiran sebagai kaka (Dimi Akauwai)
6.    Dll

Dari nasehat nasehat orang tua, wilayah Mepagoo khususnya suku Mee harus hidup dalam motto orang Mee sendiri yakni : (Dou) Melihat, (Gai) Berpikir, (Ekowai) Melakukan. Jika sudah menanamkan motto ini dalam diri maka dunia adalah milik untuk selamanya.

Nasehat dari orang maupun dari berbagai orang semua intinya sangat baik yakni hidup baik. Dari nasehat itu, saat masih anak anak merasa bahwa sesuatu yang biasa biasa tetapi pada saat dewasa berpikir bahwa nasehat adalah pengarah pada jalan yang baik, oleh karena itu  nasehat dari orang tua merupakan :

Tujuan yang Baik
Setiap orang tua tidak perna memiliki ke inginan atau maksud yang buruk dalam mendidik anak-anak mereka. Setiap orang tua selalu memiliki tujuan yang baik dalam membesarkan anak dan mendidik anaknya. Salah satu cara adalah dengan memberikan nasihat-nasihat yang bijak bagi anak-anaknya. Tujuan meraka agar kelak menjadi anak yang mengabdi dalam segala sesuatu.

Berpengalaman
Setiap orang selalu saling menasehatkan karena sudah berpenagalaman. Semua nasehat baik adanya, karena selalu mengarah pada tujuan sasaran hidup. Saat orang nasehat di perlukan ketabahan diri untuk mendengarkan apa yang di sampaikan karena itu merupakan pelajaran yang sangat  berharga. Orang menasehatkan pada anak, karena mereka sudah terlebih dahulu mencoba dan mengalami pahitnya hidup.

Memberikan Teladan yang Patut Dicontoh
Jika kita mengingat-ingat kembali nasihat-nasihat apa saja yang dahulu orang tua  berikan, tentu kita akan menemukan banyak yang patut untuk diteladani. Memang setiap orang tua memiliki kekurangan masing-masing. Tidak ada orang tua yang sempurna. Tetapi sebagai anak, kita patut bersyukur dapat melihat contoh dari kehidupan orang tua kita. Ambillah sisi positifnya untuk diteladani.

Menjadikan kita lebih baik
Setiap orang tua tentu menginginkan anak anak mereka lebih baik dari mereka sendiri. Untuk itu, jangan marah atau membenci orang tua sendiri, karena nasihat-nasihat yang mereka berikan pada anak dahulu maupun sekarang. Ingatlah, tanpa mereka kita tidak akan ada dan hargailah selalu pengorbanan mereka. Ketika Anda telah menjadi orang tua, Anda dengan sendirinya tahu apa yang dilakukan orang tua Anda dahulu dalam mendidik anak tidaklah mudah. Dibutuhkan kesabaran, usaha dan tekad untuk membuat tenang dan sabar.
Maka itu, jadilah diri  yang mampu mendengarkan nasehat nasehat dari orang tua maupun dari berbagai pihat agar menjalankan hidup diatas “Tahu”. Orang yang mendengarkan nasehat dan melaksanakannya adalah orang yang mencalonkan diri sebagai orang tua dan generasi mudah yang baik.


Penulis


Penulis adalah mahasiswa Papua kuliah di Jawa


Editor : Umagiyinagobai




  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: WILAYAH MEEPAGO : Nasehat Orang Tua Untuk Anak Rating: 5 Reviewed By: D.K.ADMIN BLOG