selamat datang dan selamat membaca semoga bermanfaat untuk anda..!
News

Jangan Mencari Ilmu Tinggi Kalau Belum Memahami Ilmu Dasar


Foto penulis, Tebai/ KM


Oleh Degedoky Tebai

Opini, (KM)--Semua orang sekolah untuk menjadi pintar.  Pintar tidak mungkin datang secara tiba tiba tetapi menjadi pintar  berbagai cara yang di lakukan. Salah satu caranya belajar mandiri untuk mengasah watak. Berusaha mati matian bekerja keras dan mencari informasi di media social, media masa, buku perpustakaan dan pengalaman orang. Semua itu mengarah pada suatu nilai positif yakni mengikuti akan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ilmu itu suatu nilai kebenaran yang membuktikan dengan penelitihan dan observasi, bukan karang karangan sendiri. Orang membuktikan sesuatu ilmu  baru melalui itu sehingga  di pakai oleh semua orang didunia.

Ilmu yang sering dipelajari di sekolah maupun di berbagai kampus adalah hasil dari penelitihan, karena ilmu sudah disahkan maka guru guru dan para dosen pengajar untuk memberikan kepada anak  sekolah dan mahasiswa dipelajari dan dilanjutkan nantinya karena itu merupakan suatu kebenaran.

Dalam pandangan penulis bahwa, semua pelajar dan mahasiswa yang duduk di bangku pendidikan mengenai masalah ilmu belum memahami ilmu ilmu dasar  di sekolah dan kampus, tetapi maunya ingin naik kelas dan merasa bisa. Hal ini berdampat besar pada perjuangan sebab ilmu yang tinggi sangat membutuhkan ilmu ilmu dasar.

Mahasiswa yang telah selesai strata 1 di kampus merasa sombong akan mendapatkan ijazah dan ilmu dari perjuangannya, ya bisa atas keberhasilan  tetapi apakah sudah menguasai ilmu dasar yang di tekuti atau tidak. Penulis rasa belum mahir dalam masalah ini karena nilai kesetiaan dan ketabahan untuk memahirkan apa yang di tekuni belum bisa membagikan dengan baik maka hasil akhirnya pada kelulusan hanya di miliki ilmu sebagian.

Sangat para lagi pada saat menyelesaikan strata 1 di kampus, kemudian ingin melanjutkan jenjang berikutnya yaitu Mangister.  Ilmu dasar belum di kuasai se maksimal mungkin untuk apa mengambil  ilmu tinggi. Hasil akhirnya sama saja seperti orang yang tidak bersekolah. Maka, lebih menguasai ilmu dasar kemudian melanjutkan jenjang berikutnya

Bersyukur bagi mereka yang menyelesaikan sekolah dengan memahami ilmu dasar dengan baik kemudian melanjuitkan pada ilmu tinggi. Seperti inilah akan melahir seorang yang berintegritas dalam kepemimpinan dan pemanfaatan dalam masyarakat. Mereka harus mendorong kemamuan belajar ke jenjang tingganya agar lebih mendapatkan ilmunya. 

Lebih para lagi mereka yang menyelesaikan ilmu di kampus kemudian beberapa tahun  bekerja di kantor atau lembaga kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang tinggi. Lebih baik bagi mereka yang otaknya lama lupa, tetapi bagi mereka yang cepat lupa  sangat berbahaya.

Takutnya, saat mendapatkan gelar doktor kemudian bekerja di masyarakat. Ilmu yang di miliki hanya terbatas. Apa yang mau sampaikan dan membagikan ilmu doctor kepada masyarakat.  Kalau belajar sunggu sunggu boleh tetapi kalau belajar hanya terbatas pasti dimakan waktu.

Sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang tinggi miliki dan kuasai ilmu dasar, agar perjuangan mendatang tidak susah untuk menyesuaikan dengan lingkungan agar tidak terjadi permaslahan tentang gelar tinggi tetapi hasil nol, itukan tidak enak. Tidak papa kalau gelar rendah tetapi miliki ilmu dasar maka banyak orang sukanya (Umagiyinagobai/KM)

Penulis adalah Masiswa Papua kuliah di Manado


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Jangan Mencari Ilmu Tinggi Kalau Belum Memahami Ilmu Dasar Rating: 5 Reviewed By: D.K.ADMIN BLOG