selamat datang dan selamat membaca semoga bermanfaat untuk anda..!
News

Pemerintah Diminta Segera Mengirim Tenaga Medis Ke Korowai

Kondisi kesehatan masyarakat Korowai terkini dalam kondisi tubuh yang perlu perhatian dari Pemerinta Daerah melalui bidang terkait. (Dok.kopedat.ist)
JAYAPURA,DK-MF NEWS--Tim Peduli Keseshatan dan Pendidikan Rimba Papua (TPKP RIMBA PAPUA) desak pemerintah segera mengirim tenaga medis ke Korowai. Desakan ini disampaikan pihaknya, karena kondisi kesehatan masyarakat Korowai saat ini kurang baik. Masyarakat menderita beragam penyakit seperti kaki gajah, kulit, luka-luka, perut bengkak dan lainya.

Pada Minggu, (19/03/2017) di asrama Yalimo Ekspo Waena, Norberd Kemi Bobii selaku ketua tim meminta pemerintah serius perhatikan kesehatan masyarakat di Korowai. Ia melihat banyak teman-teman, akhir-akhir ini sempat menyuarakan ke beberapa media lokal namun pemerintah belum memberikan respon baik sampai saat ini.

 “Saya sudah ikuti di media. Selama ini teman – teman yang peduli dengan persoalan kesehtana masyarakat Korowai cukup lantang menyuarakan tapi pemerintah tidak memberikan respon cepat. Sementara masyarakat di rimba hutan sana tengah menderita parah. Pemerintah mesti melihat hal secara jelih. Kalau tidak masyarakat di daerah ini terancam punah,” katanya kepada wartawan kabarmapega Minggu tadi.
Kondisi kesehatan  anak usia dini suku Korowai saat ini kurang baik.Ist
Lebih lanjut Bobii menegaskan, masyarakat di Korowai saat ini mengalami krisis kesehatan yang cukup serius. Ia juga meminta kepada empat kabupaten yang mengelilingi Korowai, yakni: Yahukimo, Pegunungan Bintang, Boven Digoel dan Asmat agar memperhatikan kondisi ini. Pemerintah daerah yang ada di daerah ini punya tanggung jawab penuh memperhatikan hak-hak masyarakat di bidang kesehatan. Karena hak masyarakat telah diatur dalam undang-undang dan peraturan daerah masing-masing.

Dari tempat yang sama Meky Wandik juga menegaskan agar pemerintah segera memperhatikan kesehatan masyarakat di Korowai. Menurut Wandik masyarakat Korowai banyak mengalami penyakit.

Dari usia nol sampai dewasa diserang oleh beragam penyakit. Masyarakat saat ini tidak berdaya. Banyak orang sakit dan meninggal, namun perhatian pemerintah sama sekali tidak ada.

“Pemerintah cepat lihat kondisi kesehatan masyarakat Korowai. Banyak kita punya orang di rimba hutan sana meninggal. Mereka sakit berbulan-bulan tapi pemerintah tidak pernah perhatikan mereka. Saat ini Korowai darurat kesehatan. Pemerintah mesti memberikan kebijakan khusus untuk Korowai. Hal penting dilakukan demi upaya penyelamatan orang Korowai tapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat,” tegas wandik.

Kondisi  masyarakat Korowai saat in, membutuhkan perahatian serius dari pemeriintah setempat.
Kondisi kesehatan Korowai ini bertentangan dengan kucuran dana Otsus yang dialokasikan ± 15 persen. Padahal kalau mau bilang dana tersebut sangat mampu untuk menjamin kesehatan masyarakat. Belum lagi dengan dana kesehatan yang bersumber dari APBN, APBD dan lainnya.

Sangat disayangkan dananya banyak tapi kesehatan masyarakat Papua di pedalaman memprihatinkan. Negara bertanggung jawab atas persoalan kesehatan di wilayah ini.

Liputor: Soleman Itlay
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pemerintah Diminta Segera Mengirim Tenaga Medis Ke Korowai Rating: 5 Reviewed By: D.K.ADMIN BLOG