selamat datang dan selamat membaca semoga bermanfaat untuk anda..!
News

Miras Membunuh Orang Papua

Ilustrasi (www.google.com)/KM
Oleh Yustus Muyapa

Opini, Kabarmapegaa.com--“Cinta orang Papua, cinta tanah Papua, lepaskan minuman keras”.

Minuman keras-beralkohol merupakan suatu minuman yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif dan konsumsinya menyebabkan penurunan kesadaran. Di berbagai negara penjualan minuman keras-beralkohol dibatasi ke sejumlah kalangan saja, umumnya orang-orang yang telah melewati batas usia tertentu.

Negara Indonesiapun ikut pengaruh dengan budaya luar itu. Pengaruh bukan pada orang dewasa saja namun pada mudah mudi dan remaja pelajar dan mahasiswa. Seharusnya tidak pantas untuk mencoba minum minuman keras beralkohol  tersebut, namun karena keinginan yang tinggi untuk mencoba sehingga membuat watak mereka tergila gila.

Alkohol merupakan suatu zat yang paling sering disalah gunakan oleh manusia, alkohol diperoleh atas peragian/fermentasi madu, gula, sari buah atau umbi-umbian. Dari peragian tersebut dapat diperoleh alkohol sampai 15% tetapi dengan proses penyulingan (destilasi) dapat dihasilkan kadar alkohol yang lebih tinggi bahkan mencapai 100%. Kadar alkohol dalam darah maksimum dicapai 30-90 menit (Akibat miras, blogspot.com.)

Masalah miras untuk  orang Indonesia melihat situasi dan kondisi, namun orang Papua minum minuman keras tidak melihat kesempatan dan situasi. Hal ini membuat orang Papua semakin tergila gila dengan minuman budaya luar itu. Akibat dari miras banyak yang terjadi luka luka dan putus masa depan bahkan meninggal.

Tahun lalu minggu, (07/02/2015) Sebanyak 9 mahasiswa Papua menjadi korban setelah menenggak miras oplosan di Yogyakarta. Sedangkan 15 mahasiswa masih kritis usai menengak miras oplosan tersebut dan 4 mahasiswa dapat tertolong dengan baik. Baca ini  lagi:http://www.kabarmapegaa.com/2016/02/akibat-miras-oplosan-9-mahasiswa-papua.html

Data fakta orang Papua selalu meninggal, meninggal tidak memandang usia dan sakit apa, sebab rata rata yang meninggal anak mudah umur sekolah dan tak ada sakit pada ditubuhnya. Mengapa bisa terjadi? Saya pikir salah satu factor adalah  “MIRAS.”

Harapan kedepan harus membangun komunikasi dan diskusi pihak pememerintah kesehatan dan orang tua guru untuk menyelesaikan persoalan ini, jika di biarkan begitu saja dampaknya sangat besar bagi orang Papua artinya sekejak waktu orang Papua akan punah.

Habiskah orang Papua?? Ya habis karena orang Papua minggal sedetik ribuan orang yang tidak memandang usia di sebabkan karena :

1.    Minuman keras yang berlebihan
2.    Seksual di luar nikah yang berlebihan  mengakibatkan terserang virus HIV AIDS.
3.    Pembunuhan HAM oleh TNI Porli Indonesia
4.    Melanggar budaya dan hukum hukum yang berlaku
5.    Kematian meningkat dari pada kelahiran
6.    Dll

Jangan salahkan kepada siapa siapa bila saat ini pihat tertentu tidak mengambil solusi secepatnya. Ya dan tidak ujungnya pada kepunaan.

Pesan untuk kita semua  bahwa saat  ada kesempatan  gunakana untuk menjaga dan mencinta diri sendiri bila cinta tanah air dan bumi Papua (KM)

Penulis Mahasiswa Papua Kuliah di Papua
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Miras Membunuh Orang Papua Rating: 5 Reviewed By: D.K.ADMIN BLOG