selamat datang dan selamat membaca semoga bermanfaat untuk anda..!
News

Perang Di Kota Timika: Politisi Partai NasDem: Kepala Perang Ditangkap Lalu Dilakukan Pertemuan Rekonsiliasi


Sekretaris Fraksi Mimika Bersatu DPR Daerah Kab. Mimika, Papua
Aser Gobai (Foto: Dok KM)
Jayapura, (KM) – Setelah melihat perang yang hampir berkepanjangan di kota Timika, Papua, Politisi dari Partai Nasional Demokrasi (NasDem) di Kabupaten Mimika, Aser Gobai menyikapi kepala perang yang diduga selau membuat perang antara suku di Timika perlunya ditangkap terlebih dahulu.

“Pihaknya meras penting kalau pelaku kepala peran ditangkap. Setelahnya dibuat pertemuan rekonsiliasi,”kata Gobai yang juga Sekretaris Fraksi Mimika Bersatu DPR Daerah, Kabupaten Mimika, yang diterima Press Release kabarmapegaa.com, Rabu, (27/07/16).

Kata dia, dibuat rekonsiliasi itu sebagai pertemuan antara suku pegunungan tengah dan para kepala perang. Bila perlu para bupati di kawasan pegunungan, Freeport harus hadir.

Lanjutnya, pertemuan  itu difasilitasi oleh Pemda dan Pemprov. Agar  orang bicara dari hati ke hati mencari akar masalahnya dari seluruh konflik di Timika.
Setelah itu, dapat dilihat dan dinilai apakah peran yang berkepanjangan itu karena dasarnya apakah dari dana freeport atau tanah atau karena dendaman atau karen masalah ada.

Menurutnya, semua harus dibicarakan secara jujur dan bijaksana. Setelahnya, kata dia, hasilnya dibuat akta perdamaian.

“Akta ini berisi hak dan kewajiban serta larangan masyarakat di Timika. Lanjutnya, akta itu pelaksanaannya perlu diawasi oleh sebuah badan yang menetap di Mimika dan terus membangun dialog antar suku-suku di pegunungan,”kata Anggota DPR Daerah itu.

Pewarta     : Alexander Gobai
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Perang Di Kota Timika: Politisi Partai NasDem: Kepala Perang Ditangkap Lalu Dilakukan Pertemuan Rekonsiliasi Rating: 5 Reviewed By: D.K.ADMIN BLOG